Meskipun hasil kompilasinya kadang-kadang berbeda dengan turbo pascal (yang bahkan sudah discontinued) yang dipakai dan disarankan oleh dosen, saya bersikeras tetap menggunakan fpc (freepascal) dan berusaha mencari lingkungan yang nyaman untuk itu.

Pilihan pertama jatuh pada Geany, yang secara default mendukung fpc plus tombol “compile” dan “run”-nya yang mudah dijangkau. Tapi lagi-lagi saya jatuh cinta pada Sublime-text, terutama pada kesederhanaan dan fitur distraction mode-nya. Sublime-text mendukung sintaks pascal namun secara default tidak mendukung kompilasi langsung. Untungnya Sublime-text sangat fleksiblel, menyediakan fitur untuk membuat lingkungan build sendiri dengan dukungan regex. Setelah baca-baca dokumentasi dan otak-atik sedikit, jadilah ini.

{
    "cmd": ["fpc", "$file"],
    "file_regex": "^[ ]*File \"(...*?)\", line ([0-9]*)",
    "selector": "source.pascal"
}

Simpan di ~/.config/sublime-text-3/Packages/User/ dengan ekstensi *.sublime-build, misal fpc.sublime-build. Berikutnya tinggal dipilih di Tools>Build System>fpc. Jalan pintas kompilasi dengan kombinasi tombol Ctrl+B dan eksekusi hasilnya via terminal.

Referensi :

[0] : http://sublimetext.info/docs/en/reference/build_systems.html